Hal yang Harus disiapkan Sebelum UN

ilustrasi

Jagalah Kesehatan
    Tentunya hal pertama adalah menjaga kondisi badan. Bagaimana mau belajar jika badan kita sakit, loyo, kurang gairah dll. Kesehatan itu mahal sobat, coba bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika kita berobat kedokter, atau berapa kerugian yang ditimbulkan jika badan kita loyo, gak bergairah dan lemes... masa depan yang akan jadi taruhannya.
    Jadi, mulai sekarang jagalah kesehatan sobat blogger, bisa dengan berolah raga secara teratur, lari pagi setelah sholat shubuh, senam pagi atau makan-makanan yang bergizi. Dengan sendirinya gairah belajar sobat blogger akan meningkat.

Ikuti Program Pembelajaran Disekolah dengan Baik
    Jika badan kita sehat, penuh semangat, maka hidup kita akan dipenuhi dengan gairah dan kebahagiaan. Dalam mengitkuti program pembelajaran disekolah pun lebih bersemangat.
    Terkadang, terlalu banyak program belajar yang dicanangkan sekolah justru membuat kita merasa bosan. Kuncinya adalah kondisi badan dan pola pikir otak kita. Perbaiki pola pikir dan jaga selalu kesehatan.

Persiapkan Diri dengan Banyak Berlatih Soal
    Dari tahun ke tahun, tingkat kesulitan soal Ujian Nasional makin bertambah. Untuk itu banyaklah berlatih soal, pahami setiap bentuk soal. Pada dasarnya yang berbeda hanyalah kalimat soalnya saja, konsepnya tetap sama. Satu konsep kamu kuasai, insyaallah soal seperti apapun akan mudah sobat blogger hadapi.
Buat Jadwal Belajar dan Fokus Pada Satu Hal
    Sobat blogger hal berikut ini juga tidak kalah penting. Suatu hal yang terstruktur dan terpola secara rapi maka hasilnya juga akan memuaskan. Sebagai contoh, jadwal harian yang sobat blogger buat, hari senin belajar bahasa Indonesia, hari selasa belajar Matematika, hari rabu belajar sains/ipa (fisika, kimia, biologi), hari kamis belajar bahasa Inggris, dan seterusnya.
    Sisakan waktu sobat blogger minimal satu jam sehari untuk fokus pada satu mata pelajaran. Dan sisanya sobat blogger bisa bermain sepuasnya sebagai hadiah dari dari belajar sobat blogger. Insyaallah, jika sobat blogger konsisten dengan jadwal yang sudah di buat, hasilnya pasti akan memuaskan.

Belajar Kelompok, Bahas Soal Saling Bantu
    Kadang kala, belajar sendiri tidak menyenangkan, jika sobat blogger tipe orang yang suka belajar bersama, mungkin cara ini cocok buat sobat blogger, pahamilah diri sendiri dan lakukan kemauanmu sendiri. Dengan belajar kelompok, sobat blogger dapat berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar.

    Berdoa dan Minta Doa Restu dari Kedua Orang Tua
    Salah satu do'a yang paling mujarab adalah do'a orang tua terhadap anaknya. Mintalah doa restu pada orang tua sobat blogger. Hal ini dapat menjadi spirit dan menambah rasa percaya diri yang luar biasa.
    Tentunya, tidak adil rasanya jika kita minta di do'akan, tapi kita tidak berdo'a untuk keberhasilan kita. Lucu jika hal itu sampai terjadi. Maka berlakulah adil, diri kita sendiri yang harus bekerja keras, bukan orang lain.

Jangan Lupa Sarapan Sebelum Berangkat Ujian
    Ini penting, saking semangatnya kita mengikuti UN, kita sampai lupa "Hukum Kekekalan Energi" bahwa kita tidak bisa berfikir maksimal bila perut belum terisi. Jadi, sarapan pagi dahulu sebelum menjalankan aktivitas agar kita tetap berenergi dan siap menjalankan aktivitas sehari-hari.

Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam (SKS)
    Belajar jauh-jauh hari sebelum haru UN tiba. Jangan menggunakan sistem kebut semalam yaitu belajar keras saat UN sudah dekat. Justru pada hari mendekati UN, badan dan pikiran harus rileks. Jaga kondisi tubuh sobat blogger dengan makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup.

Biasakan Bersikap Jujur dan Sportif
    UN merupakan ajang yang perstisius. Tidak heran jika ada yang melakukan tindakan yang tidak terpuji dalam pelaksanaan UN. Hindari tindakan-tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Bersikaplah jujur dan sportif, niscaya Tuhan aka memberi kemudahan.

Hindari Kegiatan yang Bisa Menggangu Konsentrasi Belajar
    Untuk sementara waktu tinggalkan dulu kegiatan/kesenangan/hobi yang bisa mengganggu belajar sobat blogger seperti, bermain play station, facebook/twitter-an dan menonton televisi.

www.indra-update.web.id
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
14 Februari 2015 pukul 17.02 delete

Semangatt ujian ya ? ^_^

Reply
avatar
8 April 2015 pukul 11.17 delete

Sip.Kok akhir2 ini sy tdk bisa tidur malam setiap hari

Reply
avatar